Management Trainee WOM FINANCE (Pengalaman pertama gw OJT di kota NGAPAK #Part1)

Hello guys, makasih banget yang udah baca blog gw selama ini...
Kali ini gw bakal share pengalaman gw selama OJT, bagi yang belum tau OJT itu apa, OJT itu singkatan dari On Job Training kalo diartiin ke indonesianya mungkin artinya latihan dalam kerja, tapi menurut gw sih OJT ini semacam kaya magang, you know lah KKL kaya gitulah.
Awalnya gw shock banget pas dikasih tau sama Pak Andre kalau MT generalist batch 16 OJT nya itu di JATENG! oh my GOD, gw kaget betul.. karena belum pernah sekalipun ke ranah jawa. Tapi kita harus komit kalau harus siap ditempatkan dimana saja.

wom cabang kebumen


BTW, MT di Wom Finance itu ada 4 function MT, yang pertama MT Generalist (gw nih) yang belajarnya itu semua-muanya.. dari operation, marketing, credit dan collection. Setiap Function itu kita dikasih waktu 2 bulan untuk belajar di Function itu, kecuali operation, waktu belajar di operation itu 3 bulan (karena banyak banget yang harus dipelajari mulai dari FOS, BOS1, BOS2 dan BOH (pada kagak ngerti ya?) ntar gw ceritain apa itu ya (mungkin di artikel ini ataupun di artikel lainnya..hahha).
Yang kedua itu ada MT Specialist Marketing NDS, ini apalagi sih NDS? NDS itu singkatan dari NON DEALER SALES, di wom sendiri kegiatan marketing itu ada 2 yakni penjualan motor dari Dealer dan yang kedua ialah adanya Dana Tunai, nah di NDS sendiri itu ialah bergerak di Dana Tunai.
Lalu yang ketiga ada MT Specialist Credit, ini apa lagi ya cak? MT ini disiapin buat jadi Credit Head, apa sih kerjaanya? kerjaannya itu memastikan data dari Surveyor benar dan mengapprove apakah WOM mau membiayain kendaraan konsumen tersebut apa nggak, dan juga menghitung FID dari CMO dan Kolektor (ini apa sih ca? kok banyak banget istilahnya -___-? Nanti kalau udah inclas di Head Office semua bakal diajarin kok, tenang aja.. dulu ak juga kagak ngerti (sekarang juga sih..wkwkkw))
Yang Ke empat itu ada MT Specialist Human Capital, ini khusus yang lulusan Psikologi, ini gw kagak tau ya.. soalnya ini program baru..
dan yang belum ada itu MT Specialist collection (kalo ga salah)

jadi ca, apa bedanya generalist dan specialist?
Bedanya itu, kalau generalist belajar semua function pas ojt, tapi kalo specialist jg beljar semuanya tapi porsinya dikit, lebih diutamakan yang program specialistnya, 
terus kalau generalis kalau udah graduate boleh milih dimana passionnya, apa di credit, collection, operation ataupun marketing, sedangkan kalau Specialist sendiri itu hanya focus di program specialistnya sendiri alias kemungkinan besar tidak bisa pindah ke function lain (kemungkinan kecilnya bisa kok :) jangan hopeless gitu). 

Back to OJT di kebumen, tanggal 27 Maret 2017 gw dan team mendarat di kebumen.
Saat itu yang jemput kami ialah BOH (Branch Operation Head) nya Bapak Arbertus Wuriharta atau lebih dikenal dengan Pak Wuri (tetangga di kost), lalu kami langsung dibawa ke kantor. Awal masuk melihat cabang.. hmm... biasa survive ga ya gw disini? rasa ragu, takut semua jadi satu pokoknya. Disitu kami dipertemukan dengan Kepala Cabang dari Wom Finance cabang Kebumen yakni Bapak Slamet Edi Suryoko atau lebih dikenal dengan nama Pak Edi.
Hari pertama kami keliling cari kost bersama Pak Cipto yakni GA dan personalia di cab kebumen.
Setelah dapat kost kami pun disuruh pulang terlebih dahulu, untuk istirahat.. 
Awal bertemu orang-orang cabang, sumpah asik banget.. pada rama-rama semua sama kami, karena gw OJT pertamanya di Operation jadi gw langsung bilang ke FOS (Front Office Supervisor) kalau gw mau belajar itu. FOS sendiri membawahi para FL (Front Liner) yakni Teller dan Customer Service. Terus tuga Fos sendiri apa sih ca? BANYAK! sumpah kagak hapal.. lo kalo udah jadi MT ntar juga dpt buku OJT nya.. jadi ga perlu gw jelasin disini ya..
btw segini dulu yang gw jelasin, ntar gw sambung lagi gaes!!

btw ini photo-photo selama aku OJT dikebumen
saat buka bersama bersama karyawan WOM FINANCE Cab Kebumen

Para Admin Dan MH Motorku

Kolektor dan CMO

GA dan Personalia Wom F cab Kebumen

Loandoc, FOS dan adm Collection

adm finance, Loandoc, FOS, CS dan Adm Coll

Custody

MH Reguler dan Kolektor

Team Wom Kebumen

gw, Adm kredit dan Adm jual


Comments

  1. Hallo kak, mau nnya dong hal terberat ketika menjadi MT collection itu ngapain yaa kak soalnya aku bnr fresh graduate yg blm pernah punya pengalaman kerja? Kebetulan mei 2023 ini aku jd MT collection. Jd buat persiapan aja ni hehe

    ReplyDelete

Post a Comment