Pelajar -> Mahasiswa -> Wisuda -> JOBSEEKER!!! -> KERJA (soon)

Hallo guys, ini tulisan pertama gw setelah lulus Kuliah. Bener guys, gw udah wisuda bulan Agustus kemarin, Kalian pasti bilang gw seneng banget karena udah dapet gelar Sarjana. Okay guys, Honestly, gw ga terlalu bahagia guys :(. Kira-kira ya 30% Bahagia, 70% lagi cemas dan khawaatir guys. Yup, gw khawatir tentang hidup gw setelah lulus kuliah, karena gw mikir cari kerja pasti ga segampang ngejemur baju, dan juga itu adalah masa dimana kita "MALU" buat minta uang ke orang tua kita, sekalinya dapet pasti pas"an. (sad)

Bener banget guys, gw sekarang berstatus JOBSEEKER atau orang yang mencari pekerjaan. Okay, gw bakal ceritain pengalaman pertama kalinya gw ikut tes" gitu diperusahaan. Gw saat itu ya, kalo ga salah sih masukin lewat Jobstreet (iseng doang sebenernya). Nah itu kan lama ga dipanggil-panggil, akhirnya ada Jobfair di Salah satu SMK di Palembang, iseng-iseng aja ikut, saat di tempat photocopy, gw ketemu mbak" orang batak, ramah banget orangnya. trus dy nanya, "mau ke jobfair juga ya dek (dia manggil adek setelah lihat ijasah gw -__- bukan gw sok muda"in)" gw jawab, iya mbak, Dan dia pun ngajakin pergi bareng, Gw lihat tu CV dia.. Wuih tebel amat, lah punya gw cuma beberapa lembar. Akhirnya kita pergilah ke Jobfair itu. Salah satu persusahaan yang gw masukin ialah BTPN Syariah, nah gw dipanggil deh untuk ikutin test psikologi. Eits, lo pasti mikir gw langsung mau ceritain gimana gw test, ofcourse nggak lah. Gw masih mau ceritain tentang Kehebohan di Jobfair itu.
Okay, gw ditawarin untuk dateng ke salah satu perusahaan, yang menurut gw ga jelas banget. salah satu staff nya bilang gini "mbak besok dateng aja ikut tes, tenang aja kok nanti kami kasi BOCORANNYA". What the Hell! gw sama temen gw langung bilang ini perusahaan apaan sih, kok ga bonafit banget. Setelah memikirkan semalaman, gw nelp salah satu temen gw, kami malah ketawa-ketawa ngatai perusahaan itu #dasarpengangguranbiadap wkwkw.

Setalah beberapa hari ga ada panggilan dari perusahaan manapun, sedih banget :"(. But, gw harus tetep semangat, setelah selang beberapa hari, gw dapet 2 sms, yang pertama dari Mandiri Finance dan BTPN Syariah. seneng dong pasti dapet 2 panggilang sekaligus, yaiyalah gw seneng banget, but, di JAM dan HARI yang SAMA. MY GOD!!! Gw harus milih, berat banget ngelepas salah satunya, karena dapet panggilan tes itu susah banget. YA ALLAH KUATKAN HAMBAHMU INI (Pray).
setelh lihat Salary nya, gw ngeliat di Mandiri gajinya lebih gede dari BTPN Syariah, yaudahlah gw pikir ke Mandiri aja Gw searcing deh FA di Mandiri itu bagian apa, setelah gw searching, ternyata FA itu bagian nawarin asuransi ke orang-orang kaya sales gitu. Trus, Gw inget pesan mama gw, "nak kalau bisa cari kerjaan jangan yang jadi sales dulu ya". Jadi gw ikir, yaudalah ke BTPN syariah aja, kayanya ini bukan sales deh,

Akhirnya gw ke BTPN Syariah, gw baru inget itukan perusahaan syariah, setidaknya pake jilbab -__-. Gw inget banget, yang lain itu pada pake jilbab semua gw sendiri yang kagak. Eh ternyata pegawai disitu banyak juga yang ga pake jilbab.
Okay,gw dijelasin posisi yang akan gw tempetin (KALAU LULUS). Dia ngejelasin panjang lebar, dia bilang kerjaannya itu kemungkinan di daerah-daerah, trus kita cari nasabah sendiri, trus ngasih modal ke nasabahnya dan juga nagihin uang itu juga ke nasabahnya dan ada target 30 nasabah setiap bulan, dalam hati gw ya.... NAK GILE (bahasa Palembang) disitu gw ngerasa gw harus nyerah.wkkwkw
Gw heran gw lulus sampe tahap Interview HRD. Gw bilang aja, iya setuju, iya mau.. padahal di dalam hati gw bilang, gw kagak mau :").
Setelah mengikuti proses yang panjang, gw akhirnya di TOLAK.. wkwkwkw
Akhirnya gw pulang deh..

Sekian dulu ya guys, nanti gw bakal ceritain kegiatan gw selama menjadi JOBSEEKER!
Maacih udah baca (dengan logat bida) :)

Comments