Management Trainee ( Kegagalan itu Kunci Kesuksesan )

Hallo guys, ini adalah tulisan lanjutan dari cerita gw yang lalu mengenai MT  Finance. Yup guys, gw gagal di tahap Interview Psikolog. Gw akuin saat itu gw ga siap, penampilan gw acak-acakan, rambut gw berantakan banget, maklum gw habis ikut tes PLN dan buru-buru lanjut interview di  Finannce. (Btw, selamat buat temen gw Adeant Alfa Parici "Ketua umum Cawa" yang berhasil keterima di PLN).
 skip. Hari berlalu terasa cepat, gw sibuk ikut tes disana sini, but hasilnya nihil. Sampai suatu ketika, kakak gw kirim Broadcast tentang MT  Finance di WA, dia bilang "dek, ikutan gih.." Jujur ya, gw rada ga yakin harus ikut tes di  Finance lagi, karena udah males takutnya gagal lagi dan buang-buang waktu. 
tapi, karena ga enak sama kakak gw, jadi gw iseng aja kirim lamaran ke Pak Julian. 
Setelah selang seminggu gw dipanggil untuk ikut Psiko tes, karena emang ga ada kerjaan juga dirumah akhirnya gw ikutan aja.
Gw kaget, pesertanya ga sampai 300an seperti dulu, pesertanya kurang lebih cuma 30 orang, gw ikutin itu tes nya, karena sering baca di Internet mengenai tips2 psiko tes, jadi gw ngerasa mudah aja jawabnya, kuncinya "DAHULUKAN SOAL YANG MUDAH DAHULU" yups, kita ga boleh buang-buang waktu untuk mikir di 1 soal guys, karena kita ga miliki banyak waktu untuk nyelesain itu semua.
Setelah selesai, ujian itupun dikoreksi, kami menunggu sembari panitia mengoreksi jawabannya, Setelah kurang lebih 1 jam, hasilnya pun diumumkan, gw saat itu santai aja, mau lulus atau nggak bodo lah, itu dalam hati gw.
Lalu hasilnya pun diumumkan, saat itu yang lulus cuma 2 orang, yakni seorang laki-laki yang namanya gw lupa, dan GUE!! Amazing banget kan, siapa sangka orang yang ga punya otak kaya gw bisa lulus -____-.
Akhirnya semangat gw untuk beneran serius ikut tes di  Finance itu mulai muncul. 
Malamnya gw dikasih tau kapan akan dilaksanakannya interview HRD dan Psikolog. 
nah ini ada tips sedikit, waktu gw gagal, gw dinasehatin kalau mau interview harus rapi, setidaknya rambut harus di cepol dan make up jangan lupa.
karena intervienya seminggu lagi setelah di telp, gw berusaha cari pinjaman blazer, karena saat itu gw ga ada blazer, untung gw punya temen kaya kharisma, teman terbaik yang pernah gw punya. gw pinjem sama dia, dan dia mau pinjemin,
Karena tempet gw tinggal berbeda dengan orang tua gw, jadi gw iseng bilang ke orang tua gw kalau gw mau interview di  Finance, dan itu pertama kalinya gw minta restu ke orang tua gw untuk interview.
dan orang tua gw sangat mendukung gw.
Akhirnya hari interview tiba, kalau ga salah itu dihari senin ditanggal  26 desember 2016. gw dijadwalkan interview jam 1 siang, sebelum kesana, paginya gw masih sibuk ngurusin berkas lamaran ke BPJS (asli gw ga mau lagi ikut yang namanya tes BPJS).
Karena lamanya ngurus lamaran di BPJS, gw jadi telat, gw dateng jam setengah 2. Saat itu gw pikir cuma 2 orang yang lulus ke tahap interview tersebut, hahaha....ternyata...BANYAK yang lulus, sumpah gw jadi down sendiri guys, ampuun, kirain pintu kelulusan udah didepan mata..
Akhirnya giliran gw dipanggil, coba tebak apa reaksi orang yang interview gw -___-
"ini yang kemaren ikut rekrutmen kemarin kan? kenapa kemarin ga lulus?" pertanyaan macam apa ini, kan mereka yang buat gw jadi ga lulus -__-.
gw jawab aja, "mungkin kemaren kurang persiapan pak, buk.." dan tidak ada pertanyaan-pertanyaan yang keluar berdasarkan hasil browsing gw di internet, rata-rata pertanyaannya tentang kegiatan gw saat itu apa aja dan mereka ngasih wejangan-wejangan, so far.. orang  Finance itu baik-baik semua, ini salah satu perusahaan yang sangat menghargai peserta-peserta rekrutmen.
Setelah selesai, gw pulang kerumah, Sore nya gw dapet Telp katanya gw lulus tahap selanjutnya.. wah gw bener-bener ga nyangka guys, gw seneng banget, tinggal 1 kali lagi interview, dan kalau gw bisa, gw lulus guys, disini gw bener-bener seriusin, gw belajar ngomong yang baik supaya nggak terbata-bata.
Karena salah satu temen gw yang namanya Reza Fahrizal juga pernah ikut sampai interview Panel, jadi gw tanya-tanya juga sama dia mengenai pertanyaan yang akan diajukan saat panel, dia bilang siapin visi dan misi mu apa masuk ke  Finance, dan juga apa kelebihan dan kekuranganmu. 
Gw bingung sendiri, visi dan misi gw masuk disitu apa, intinya gw mau cari duit supaya ga nyusahin orang tua lagi.
gw cari tau visi misi yang bagus itu gimana, sampai gw buat salinan untuk yang bahasa inggrisnya, gw berlatih di depan kaca. dan hasilnya.....
Akhirnya hari interview tiba, gw liat banyak banget yang dateng, dalam hati gw, banyak banget nih saingannya.. hmm..
Lalu gw dipanggil ke lantai 3 untuk ikut interview, ternyata saat itu yang interview cuma 2 orang, gw dan mbak-mbak dari Lampung, dari segi penampilan FIX gw kalah total.
Gw kagek guys, ternyata interviewnya via video call!. 
sebelum mulai interview, Pak Julian pertama-tama memberikan arahan kepada kami, dia berkata calon MT harus SEMANGAT, CHEERFUL, dan BERIKAN YANG TERBAIK.
deng... gw duluan yang maju, gw duduk didepan Laptop, dan ga ada siapa-siapa saat itu, setelah 10 menit, ada satu ibu-ibu duduk, dia bilang namanya IBU LIAN NIE, dia nyuruh gw nunggu panel-panel yang lain, gw bilang okay bu, gw tunggu 10 menit, ga ada orang yang datang, divideo sana ga ada orang juga, saat itu beneran deh gw mau ngupil, tapi kalo gw ngupil takutnnya ada yang liat gambar gw disana. 20 menit berlalu masih ga ada tanda-tanda kehidupan, gw udah bosen bett.. 30 menit akhirnya ibu Lian nie datang lagi, dan bilang kalau anggota panel yang lain ga bisa, jadi dia sendiri yang harus wawancara.
Awalnya gw mulai dengan perkenalan, so.. pertanyaan yang diajuin ibu Lian Nie itu pertanyaan yang sesuai dengan CV kita guys, yaudah gw jawab aja. Tapi yang buat gagal fokus itu ialah suara dari speaker laptonya, kadang jelas kadang ga jelas, mau minta ibu nya ulangin lagi pertanyaannya ga enak. 
Sampai akhirnya gw salah jawab, dan gw ngeless dengan alasan "maaf ibu, tadi ga jelas, kirain ibu nanyain tentang situs apa aja yang ceritain WOM Finance" padahal itu gw ngeless doang, wkwkkw
setelah kuarang lebih setengah jam, akhirnya gw selesai interview, dan kalian tau nggak, visi dan misi itu kagak ditanya -__-.
Setelah itu, mbak yang satunya masuk, oh iya nama mbak itu christine, dia cepet banget interviewnya cuma 10 menit, dan gw bingung sendiri, dalam hati gw, wah pasti mbak ini udah berpengalaman banget jadi cepat dia jawabnya.
Pak Julian tiba-tiba datang untung ngumumin siapa yang lolos, gw kan mikirnya gini "ini pesertanya cuma 2 masa' yang diambil cuma 1 sih?".
ternyata dugaan gw bener guys, "okay, ini ada kabar baik dan kabar buruk, mau denger yang mana dulu" kata pak julian.
terus gw bilang, kabar buruk aja dulu.
"okay kabar buruknya, cuma 1 yang lolos diantara kalian berdua" kata pak Julian.
Sumpehh gw down. dalam hati gw, yaelah udah sampe tahap gini masa' ga lolos lagi..
pak Julian lanjut lagi "kabar baiknya, Olivia yang lulus ke tahap selanjutnya, buat Christine mohon maaf dulu ya"
Anjirrrrr, gw ga nyangka banget, rasanya mau teriak, tapi itu dikantor orang, gw tahan ekspresi gw, gw salaman sama mbak Christine, dan gw lega akhirnya selesai juga tes yang panjang ini..
Ga sampai 5 menit, rasa bahagia gw hilang setelah pak Julian bilang " nanti jam 1 olivia wawancara sm Area manager nya ya"
ekspresi gw langsung datar, "oh iya, okay pak, siap"
Fix jam 1 gw dateng lagi, Jam 1 gw tungguin belom ada gerakan, setengah 2 gw tungguin belom ada gerakan juga. Akhirnya jam 2 baru akhirnya ada gerakan. 
Gw di wawancarai sama bapak Adriansyah Gumay, awalnya dia pake bahasa inggris gitu, sumpah gw cemas banget saat dia pake bahasa inggris, ampun nyerah gw, 
eh taunya awalnya aja... wkwkwk
inti dari pertanyaan bapak ardiansyah itu mengenai PAPA, kenapa papa meninggal, karena saat itu papa baru meninggal.
terus dy nanya, "papa kamu tau nggak kamu ikut tes di WOM?" terus ak bilang tau pak, "sebelum dia meninggal, dia selalu doain aku semoga aku diterima di WOM ini pak".
intinya cuma cerita gitu doang, dan dia nanyain pertanyaan terakhir sama gw kaya gini " dari sekala 0-10, tingkat kebohongan kamu selama wawancara ini berapa?" terus gw bilang "0 pak", "kamu yakin?"
terus aku bilang "yakinlah pak, masa gitu aja harus bohong pak -__-''
heran juga, masa gw harus bohong kalau papa gw meninggal -__-.
Setelah itu gw pulang, sebelum gw pulang pak Adriansyah bilang gini "tabung uang mu, biar 3 tahun lagi bisa ajak mama mu umroh ya". itu pesan yang selalu gw inget.
Gw pulang, karena saat itu gw udah pindah rumah yang lumayan jauh, jadi sekitar 2 jam kemudian gw baru sampe rumah.
dan tiba-tiba gw masuk ke kamr, telpon gw berdering, dan... GW DITERIMA GUYS!
dan minggu depan nya gw disuruh cek kesehatan dan tanda tangan kontrak kerja.
its all amazing.
dan disinilah aku sekarang sebagai Anak MT WOM Finance BATCH 16.

Terimakasih banget buat supportnya selama test
1. Allah SWT ( cuma Allah yang mampu mampu merubah sesuatu yang mustahil jadi mungkin )
2. Doa Orang Tua ( terimakasih untuk Mama dan Alm. Papa, ini semua berkat doa kalian )
3. Om dan tante ( terimakasih karena selama ini sudah ngerawat gw, dan anggep gw kaya anak sendiri ) 
4. Kakak gw (walaupun gw ga akrab sama dia, tapi karena info dari dia gw bisa gabung di WOM )
5. Kharisma ( teman terbaik yang pernah gw miliki, selalu support gw dan selalu ada disaat aku susah )
6. Reza ( karena dia gw tau cara wawancara yang baik, dia ga pelit informasi, karena dia juga gw bisa belajar dengan maksimal )
7. Sigit ( teman yang selalu ngingetin gw untuk selalu berdoa selain usaha juga )
8. Rifky ( teman yang selalu ngasih tau tips saat interview, saat psikotes )
9. dan teaman-teman yang lain yang ga bisa aku sebutin satu-satu
*terutama buat papa, maaf karena aku selalu acuhin papa. ga pernah ngobrol lama sama papa. belum bisa kasih papa gaji pertama aku. terima kasih atas doanya, terimakasih udah jadiin aku anak emas nya papa. semoga papa tenang disisi Allah SWT dan ditepatkan di SurgaNya. #29122016

Comments