SPV COLLECTION DI TEMANGGUNG? #WHAT??? #KENAPAHARUSAKU?? MANAGEMENT TRAINEE (MT WOM FINANCE)

Selamat pagi, selamat siang dan selamat malam,, thank you ya gaes udah baca blog ku,,, semoga suatu saat cerita pengalaman ini bisa di buku kan,, aamiiin

Selesai OJT dikebumen dan selesai graduation, aku penempatan di temanggung, kok bisa???
inilah salah satu yang membuat ku merasakan suatu ke anehan..
Saat itu sebelum ujian panel akhir, aku pusing sendiri.. aku takut ga dapat penempatan karena tidak semua cabang mau menerima SPV Coll cewek.. jelas di collection yang jd SPV dan Head cewe bisa dihitung pake jari tangan kanan..
dan tiba-tiba ada Whatsapp... Whatsapp itulah yang menghantarkan aku sekarang kembali ke Jawa tengah..

tanggal 1 februari 2018,
jam setengah 12, tiba-tiba aku mendapat WA dari seseorang yang sama sekali tidak dekat denganku,, (sebelumnya) tapi aku kenal..
dia adalah Pak Ari, dulu sama-sama di Kebumen jabatannya dulu Kakapos Gombong.
Pertama dia chat aku, kalimatnya membuatku bingung, kalimatnya seperti ini, "oca kamu jadi spv coll di temanggung ya".
kalimat itu bener-bener membuatku bingung, aku kira pak andre menempatkan aku di temanggung, terus pak ari bertanya apakah bener aku jd spv coll temanggung, dan seolah2 kalimatnya itu menolak aku jadi spv coll temanggung...
sampai akhirnya dia bilang "ga saya yang minta kamu jadi spv sini", aku kaget dan masih ga percaya, sampe2 aku menanyakan apakah pak ari serius apa main2.. dan ternyata dia serius.. Alhamdulillah
wkwkwk,, betapa senangnya hatikuuu.. saat ada yang mau nerima aku..
maafkan aku pak ari.. aku udah negatif thinking :")

Tapi setelah aku kepoin perform temanggung, aku syok.. walah flow nya januari 17%,, edan bangett,,, terus aku wa pak ari menanyakan apa yang sebenarnya terjadi di temanggung,...

tapi..

dia hanya menjawab " nanti ya cha, kita bahas di cabang"

Setelah graduation malamnya aku menelpon Pak Tarigan, dulu dia area Coll di jatengsel.. salah satu area favorite kuuu..
aku menanyakan tentang temanggung, dia bilang, temanggung berat kau tak akan sanggup biar aku saja..wkwk
nggak kok, pak tarigan ga bilang gitu, dia bilang kalo d temanggung itu banyak mafia, jadi agak berat penanganan di temanggung.
awalnya merasa tertantang, awalnya..

kita mulai dari awal...
februari 19th 2018

pertama kali aku ke kantor temanggung, aku gugup, tidak percaya diri, dan sedikit ada rasa takut bahwa aku akan tidak disukai oleh kolektorku.. awalnya..
sambutan dari mereka lumayan ramah.. walaupun masih ada yang datang terlambat (oke ini PR ku pertama untuk membuat mereka disiplin)
hari pertama aku bingung mau ngapain, rasanya ilmu yang aku dapat di kebumen hilang semua, aku blank..
tapi aku berusaha untuk membuat target..
bulan pertama berat sekali, permasalahan disini terlalu kompleks, sampe aku merasa aku tidak cocok disini.. tidak kuat..
tapi apa aku menyerah? tidak...maksudku belum...
setiap hari aku ots ke rumah konsumen, kadang bareng kolektor, kadang bareng yoyok (salah satu head di kapos)
yang kami dapatkan hanyalah 1 jawaban "unit di gundel". selalu kata2 itu yang keluar, membuat aku stres..
gundel adalah orang gila dipikiranku, orang yang tidak punya otak, pendzolim, kurang ajar, semua keburukan ada padanya...

awal menjabat sebagai SPV sangat berat... aku sering menangis di kos, rasanya pengen kabur dari jawa dan pulang ke sumatera tanpa memilikirkan ijasahku gimana...

awalnya kepikiran bagaimana membuat kapos temanggung ini menjadi kapos yang minimal sudah tidak disorot lagi oleh Pusat...

tidak punya teman, tidak tau mau cerita kesiapa, tentu aja aku ga mau cerita ke orang tuaku...
jujur aku bingung saat itu, disatu sisi aku merasa tidak mampu.. tapi disisi lain aku tidak mau mengecewakan Pak ari yang sudah percaya padaku...

Dimulai dengan TODONGAN GOLOK.. itulah yang aku dapatkan waktu aku kunjungan kerumah konsumen bersama kolektorku..deg2an? Jelas.. mau kabur? jelas.. takut? sedikit..
entah kenapa kaki ini ga bisa bergerak untuk kabur.. mulut ini ngerocos aja ngalur ngidul entah ngomong apa...

sampai akhirnya... orang tersebut hanya butuh di dengarkan...
dan kami mendengarkan cerita dia...

lalu salah satu kunjunganku yang sangat berkesan ialah saat.. aku di jebak...
aku kunjungan kerumah konsumen.. tetapi konsumen memanggil mafia..dengan bangganya dia memperkanalkan dirinya dan mengancamku untuk tidak macam-macam disini..
ya sebenarkan aku tidak macam-macam.. aku cuma butuh dia bayar angsuran saja.. simple kan?
tetapi kenapa harus dibuat ribet? sampai harus berurusan dengan nyawa?

akhirnya setelah negosiasis yang lama, mafia tersebut tidak suka dengan nada bicara kolektorku.. dan dia mau di siram air.. tentu aku tahan.. supaya tidak terjadi bentrok fisik...

setelah aku rundingkan dan dia setuju dan menerima dengan tawaranku akhirnya angsuran motornya dibayar 2 angsuran,,, dan aku cepat2 pulang karena aku juga takut disitu...

hal ini sering banget terjadi..
masalah bukan hanya terjadi karena orang luar.. orang dalam pun sering buat masalah..
sampai banyak sekali orang yang tidak suka denganku.. sampai sekarang..

ditemanggung aku benar-benar banyak belajar..
2018 benar-benar berat..
lanjut bagian 2 ya

Comments