TENTANG MT LAGI? BUKAN... INI TENTANG AKU BISA KULIAH AKU BISA SARJANA bag. 2

 lanjut guys,,,

kakaku sudah sarjana, dia sibuk mencari tempat kerja, malah dapat tempat magang yang hanya digaji 600rb sebulan...

baru 2 minggu sudah habis, untuk ongkos selalu pinjam nenekku..

aku mulai kuliah, kampusku ada diluar kota, untuk kesana aku punya 2 cara,

1. naik ojek lalu naik angkot kemudian naik bus yang langsung menuju ke kampus 

dengan rincian biaya sbb

naik ojek 2 ribu

naik angkot 2 ribu

naik bus 5 ribu

total jika pergi 9 ribu, jika PP maka 18rb

2. jam 5.45 sudah harus berangkat jalan kaki setengah jam lalu nunggu angkot 10 menit lalu naik bus langsung ke kampus

naik angkot 2 ribu

naik bus 5 ribu

total PP 14 ribu

beda tipis ya..

tapi guys aku hanya dikirimin ortuku uang 1 bulan 500ribu..dengan jatah 1 hari itu 20 ribu ga boleh lebih, kalo lebih otomatis besoknya aku tidak bs ke kampus,

setiap hari aku harus bisa mencukupi semua kebutuhanku maks 20rb, aku rela bangun pagi2 biar bisa jalan setengah jam mencari angkot dengan rambut selalu basah, aku rela bawa bekal nasi yang sudah kering supaya bisa makan di kampus..

saat jam makan siang, aku selalu mkan sendiri di depan perpus, karena aku ga mampu makan di kantin, aku inget banget setiap hari aku bawa nasi goreng tapi nasinya itu udah keras banget, itu yang selalu akan makan.

jika pas aku lagi ga bawa makan krna nenek blm masak nasi, akhinya aku jajan di kantin, otomatis aku kekurangan uang untuk pulang, kira2 dengan sisa uang 6ribu aku bs dpt makan apa? aku cuma bisa dapat gorengan

akhinya aku pulang jalan kaki sejauh 4 kilo sumpah itu kalo aku sampe rumah udah capek banget..

dulu waktu aku kuliah aku cuma punya 1 celana panjang, yang aku cuci 3 hari sekali, jika pagi2 masih basah aku setrika sampai kering, selama 6 bulan aku tidak punya celana panjang lain selain itu..

akhirnya aku memutuskan untuk menabung, untuk membeli celana, aku rela kelaparan, jalan jauh supaya bisa beli celana..

aku inget banget ak kuliah masuk bulan september, di bulan desember beratku turun 18 kilo...

tanteku mulai curiga kenapa aku kalo pulang ngos2an, aku cerita ke tanteku klo uang yang dikasih cuma cukup buat ongkos, ak setiap sampe rumah pasti langsung makan karena laper banget,

tapi karena yang tinggal dirumah neneku banyak, jadi kamipun makan harus ngirit karena nenekku hanya mengandalkan gaji pensiun kakekku..

aku tidak pernah cerita hal2 yang buruk ke ortuku.. aku bisa kuliah aja aku sudah alhamdulillah..

sampe akhirnya semester 1 terlewatkan, IPK ku kecil hanya 2,85.. bodoh aku..

dan sampailah harus membayar uang SPP.740ribu.. tapi ortuku masih tidak bisa membayar, untungnya omku adiknya mamaku membantu aku untuk bayar biaya kuliah...

kadang aku mikir ya, kenapa uang selalu jadi masalahku...

akhirnya aku mikir, aku ga bisa kaya gini terus, aku harus cari cara keluar dari keadaan minjem2 ini..

dikampus ada penyuluhan mengenai beasiswa, dulu aku mikir yang dpt beasiswa itu hanya anak pintar tapi kurang mampu,

kalo aku kurang mampu tapi bukan anak pintar..

lalu aku ketemu kakak tingkat, yang sharing denganku klo misalnya ada beasiswa untuk anak yng IPK nya dibawah 3. aku langsung tertarik dan mendengarkan dia,

akhirnya aku mendaftar di beasiswa itu...

syarat apapun aku ikuti, wawancara sgala macem aku ikuti semua demi dapat beasiswa tsb..

Alhamdulillah aku dapat guys, namaku ada disitu..

uang tersebut kemudian aku gunakan untuk keperluan aku sehari-hari dan juga untuk bayar SPP semester 2 dan 3.

semester 2 IPK ku masih dibawah 3. alias 2.90

aku pengen IPK ku min diatas 3 jangan dibawah 3, aku ikut salah satu ekstrakulikuler di kampus, Pers Mahasiswa..

jujur kenapa aku pilih ini

1. aku suka nulis

2. aku suka gambar

3. aku suka foto

4. anggotanya ramah2

5. anggotanya tidak pilih2 berdasarkan bentuk tubuh

6. anggotanya tidak memilih berdasarkan kekayaan

7. bener2 low budget

aku enjoy banget di Persma kampus ini, aku ketemu sama2 orang2 cerdas, IPK no 1 dikampus..

aku bisa ketemu orang2 penting, contohnya MAHFUD MD

foto sama karni ilyas, pernah jadi team KPK dsb.

aku ketemu sama kak edo, dgn rambut lumayan gondrong, muka seram dan berkaca mata, aku inget banget saat 1 mobil dia cerita klo dlu dia IPK nya kecil, sekarang dia IPK nya bisa 3.5

aku mulai tertarik dengan cerita dia, dia bilanug jika kita mau pinter bukan dipelajari tapi dipahami dan disenangi.. itu kuncinya

dari situ aku ngikutin nasihan dia, semester 3 IPK ku 3.59

semester 4 IPK ku 3.49

lua biasa kan.. A dimana2.. aku pintar? nggak, bejo doang...

semester 4 aku mulai sombong, aku ambilah beasiswa untuk siswa pintar.. dan aku ga lolos..

aku bingung mau cari uang dimana

untuk aku punya kawan baik2.. namanya jimmy, mungkin aku udah banyak banget minat tolong ke dia, dan bodohnya aku, aku ngelepas teman sebaik itu..jimbo kalo lu baca, aku cuma mau bilang... aku minta maaf.. dan aku ucapkan terimakasih karena sudah sering selalu ada untuk bantu aku...

dia yang tau miskin2nya aku seperti apa..

aku dan jimmi cari cara supaya aku bisa lanjut kuliah, kami menjual HP BLACK MARKET alias KW alias Supercopy.

malam itu kami hanya perlu jual 1 hp, dan kami bisa untung 1 juta rupiah..

setelah cari sana sini yang beli adalah seorang brimob.. kami hanya bilan ini HP BM.. dan dia mau beli,,,

awalnya kami mau bagi 2 keuntungannya, tapi jimi memberikan semua uang tsb kepada aku,,

terimakasih banyak jim..

sesalnya aku semester 6 hub pertemanan kami harus berakhir.. karena aku egois..

sebenarnya bukan aku egois, tapi lebih pengen supaya kami berkembang tidak ber5 terus.. supaya kami punya banyak teman, 

yah.. jimi punya teman sendiri, catur jug begitu, hapis mendapatkan teman yg sepadan dgnnya, frans manusia bebas.. dan aku dengan teman2 baruku...

semester 6 adalah semester yang berta, karena uang kiriman tidak lagi cukup.. karena haru beli buku ini itu, fotokopi ini itu dsb..

akhirnya aku membuka jasa fotokopi di kampus.. ak bawa materi yang minat bisa bayar ke aku 100rupiah perlembar. rata2 1 kelas titip ke aku semua karena ga mau repot.

aku setiap pulang mencari tempat fotokopi yg mencetak 50rupiah per lembar dan itu ada...

setiap 1 kali ada tender, aku untung bisa sampai 50ribu,

karena ketamakanku, aku hanya beli kerta ris 12ribu dan aku cetak pke printer fotokopi yang ada dirumah,, sampe jam1 malam aku fotokopi karena ga bisa langsung banyak,, tapi aku bisa untung 200ribu..

disitu aku merasa bisnis dikampus enak,, jadi aku menomor duakan kuliah dan menomor satukan bisnis ini..

disitu aku mulai bisa beli baju, beli sepatu yang harganya 50ribu.. dah seneng banget aku...

jika diingat perjuanganku bawa fotokopian dari rumah ke kampus itu gila2an.,. sampe disuruhs bayar 1 bangku..

tapi smenjak itu aku jarang jlan kaki, aku naik ojek..

1 kenakalanku yang mungkin tidak bisa diterima oleh akal sehat..

aku menjual buku catatan kakak tingkatku,, aku dilabrak oleh dia, aku minta maaf untung dia memaffkan,, makasih kak tiara...

demi uang aku rela melakukan segalanya.. akhir semester 6 aku pengajuan beasiswa, dan ternyata aku dapat tapi hanya di semester 7. itu aku bener2 gunain untuk keperluan kuliah..

semester 7 aku pindah kerumah tanteku, aku dapat fasilitas kamar ada ac nya, motor dipinjemi dan dapat uang saku, serta makan yang pasti enak2, aku cukup jaga anak2 tanteku, antar jemput merka sekolah dan cuci baju, itupun pake mesin cuci,, setiap hari ak dikasi 20rb untuk ongkos tapi aku dipinjemi motor..


yah lumayanlah yah.. kalo memang Allah menghendaki semua ada jlannya..

pertengehan semester 7 mama papaku pindah lagi ke palembang karena usaha disana bangkrut.

oh iya waktu ak semester 2, saat aku setiap hari jalan kaki ngos2an, papaku di telp tanteku, tanteku cerita klo lihat aku kasihan,, papaku kepikiran dan akhirnya kena stroke...

lanjut ya, bener2 udah ga ada penghasilan lagi kami, cuma mengandalkan gaji kakaku yang secukupnya itu.. aku inget banget bulan nov-des 2015 kami benar2 diuji, papa tidak kerja, kakakku resign,, makan aja minta sama nenekku.. aku ga brani minta uang ke orang tuaku, merke abuat sehari2 aja susah..

aku inget, dulu saat lebaran dirumah kami tidak ada apa2 sama sekali untuk dimakan.. tinggal digubuk yang kamar dan dapur jadi satu dan tidak ada wc., jadi klo mau k wc itu ada d depan rumah.. itu bukan rumah sih tapi gubuk ukuran 4x3 meter...


ini udah hampir jam set 12 malam

besok harus kerja lagi..

besok aku sambung lagi ya part 3

Comments